-->

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara setting modem huawei hg8245a bekas Indihome untuk dijadikan akses poin hotspot mikrotik. Bagi kalian yang belum punya huawei 8245 ini, kalian bisa membelinya di tokopedia dan bukalapak kisaran harganya mulai 80-100 ribuan lengkap dengan adaptor.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk menjadikan huawei 8245 sebagai access point hotspot mikrotik adalah mereset modem ke kondisi default, tekan tombol reset dengan ujung pena atau obeng tahan beberapa detik kemudian lepaskan, modem akan restart dan kembali ke kondisi default.

Pasang kabel LAN di port 2 modem huawei hg8245a lalu sambungkan ke PC, setting IP komputer anda menjadi 192.168.100.66 lihat gambar dibawah ini.

Cara Setting Modem Huawei HG8245A sebagai akses poin

Selanjutnya buka browser kalian dan ketikan 192.168.100.1 maka akan tampil halaman login huawei hg8245a, disini anda harus memasukan username dan password modem huawei 8245a ini, agar bisa melakukan penyetingan dengan lancar maka kalian harus masuk sebagai superuser, ada 2 akun yang bisa digunakan sebagai password default modem huawei hg8245a.

Password default modem huawei hg8245a
telecomadmin
admintelecom

Jika user dan password diatas tidak berhasil maka kalian bisa coba untuk menggunakan password default modem huawei hg8245a dibawah ini :
Support
theworldinyourhand

password default modem huawei hg8245a

Dan jika sudah berhasil login langsung saja masuk ke menu LAN dan centang semua dari LAN 1 sampai LAN 4 kemudian save./ apply

Cara Setting Modem Huawei HG8245A

Kemudian matikan fungsi DHCP agar klien yang terhubung ke huawei hg8245a ini nantinya akan mendapatkan IP dari DHCP hotspot mikrotik kalian, klik menu "DHCP Server Configuration" kemudian hilangkan semua centang seperti gambar dibawah ini lalu save / apply.


Cara Setting Modem Huawei HG8245A

Sekarang kita beralih ke menu WAN, klik menu WAN kemudian pilih "new" untuk setting modem huawei hg8245a sebagai access point hotspot mikrotik lakukan pengaturan seperti gambar dibawah ini, jika sudah sama persis klik save / apply.

Cara Setting Modem Huawei HG8245A

Langkah terakhir kita tinggal setting SSID hotspot sesuai keinginan kita, pada pengaturan ini akan meliputi nama ssid, channel, security, dan lain-lain. Jika anda menggunakan mode login hotspot voucher ataupun dengan username maka untuk security dihilangkan saja.

Cara Setting Modem Huawei HG8245A

Sekarang silakan hubungkan modem huawei hg8245a anda ke mikrotik menggunakan kabel LAN, jika anda teliti pasti langsung berhasil dan modem bekas indihome yang anda miliki sudah menjadi access point murah untuk usaha hotspot voucer rumahan.

Mau tampilan login page hotspot menarik? silakan kunjungi template login page hotspot mikrotik responsive premium desain sesuai keinginan