-->

Memanfaatkan modem bekas indihome merupakan pilihan yang baik jika anda punya modem yang tidak terpakai.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara setting modem zte F609 menjadi AP dengan mudah yang nantinya akan kita pakai sebagai access point voucher hotspot mikrotik.

Cara menggunakan modem bekas indihome ini tidak sulit, yang pertama kita reset dulu zte F609 ke setelan default, caranya silakan tekan dan tahan tombol reset yang ada di belakang modem sampai lampu berkedip dan lepaskan tombol tersebut.

Gunakan ujung obeng atau pulpen untuk mempermudah mereset modem zte f609 anda ke pengaturan default.

Untuk proses setting modem zte f609 ke mikrotik silakan ikuti detail tutorial dibawah ini dengan teliti.

Kita langsung saja masuk ke tutorial setting modem bekas indihome ZTE F609 menjadi akses poin mikrotik.

1. Silakan reset modem kemudian setting masukan kabel UTP ke port LAN1 pada modem dan colokan ke PC anda.

Lalu setting IP PC anda seperti pada gambar dibawah ini.


2. Langkah selanjutnya buka browser anda lalu masukan ip modem ZTE F609 192.168.1.1, silakan login agar dapat masuk ke pengaturan modem.

User : admin
Password : Telkomdso123

Jika user dan password di atas tidak bisa silakan coba dengan user/user atau admin/admin.

3. Setelah masuk ke dalam halaman pengaturan modem langkah selanjutnya masuk ke menu Network > WAN, lalu kita buat koneksi WAN baru, samakan seperti gambar dibawah ini




4. Kemudian masih di menu WAN, pilih "port binding" centang semua LAN dan SSID, kemudian klik submit



5. Sekarang kita setting SSID yang ingin kita buat, masuk ke menu WLAN > SSID Setting. Lalu isi nama SSID sesuai keinginan anda, kemudian pilih submit, lalu masuk ke menu Security , jika menggunakan kode voucher dari mikrotik maka pilih open system dan klik submit.



6. Langkah terakhir kita harus menonaktifkan DHCP pada modem bekas indihome ini, agar nantinya klien yang terhubung dengan SSID ini mendapatkan IP langsung dari mikrotik, buka menu LAN > DHCP Server lalu hilangkan centangnya seperti gambar dibawah ini, lalu klik submit.

Jika apa yang anda lakukan sudah benar, maka sampai disini anda sudah berhasil memanfaatkan modem bekas indihome untuk di jadikan akses poin hotspot voucher.