-->

Kali ini saya akan share sedikit tentang cara mengatur signal strength pada mikrotik agar hanya user dengan sinyal bagus / yang kita tentukan saja yang bisa terhubung ke access point mikrotik kita, misalkan user A hanya mendapatkan 1 bar sinyal wifi dan ingin memaksa terkoneksi maka user lain akan ikut terganggu koneksinya jika ada user yang memaksa untuk terhubung dengan kondisi sinyal yang jelek.


Sekarang pada contoh kali ini saya akan membatasi hanya user yang memiliki signal strength minimal -70 yang bisa terhubung ke ssid kita, user dengan sinyal diatas itu maka tidak bisa terhubung, pada gambar dibawah ini posisi laptop dengan access point saya hanya mendapatkan sinyal signal strength -80, jika access point kita dibatasi hanya signal strength minimal -75 yang bisa konek, maka laptop saya ini tidak akan bisa terhubung ke ssid.

Untuk langkah melakukan pengaturannya silakan klik menu wireless pada AP mikrotik anda, kemudian klik wifi interface, hilangkan centang pada Default Authenticate klik apply dan save.

Kemudian buka tab access list klik tanda +, lalu buat rule seperti dibawah ini, angka -75 bebas anda isikan berapa minimal yang anda inginkan.


Apply kemudian save, sekarang silakan lakukan pengujian. Jika berhasil maka user dengan sinyal hancur tidak akan bisa terhubung ke access point anda.