-->

Mikrotik Jambi - Kali ini saya akan memberikan tutorial lengkap setting mikrotik dari awal sampai berhasil konek ke internet, harap diperhatikan bahwa panduan dasar setting mikrotik ini sangat wajib kalian ketahui sebelum melangkah ke step selanjutnya. Agar lebih mudah saya akan memberikan tutorial dasar mikrotik dengan winbox.

Silakan kalian cari di google dan download winbox versi terbaru, sekarang mari langsung saja ke pokok pembahasan, yang pertama silakan buka winbox kalian dan login ke mikrotik.

setting mikrotik untuk game online dan browsing

Untuk yang pertama kali Login silakan reset configuration : lihat gambar dibawah ini

mikrotik jambi, setting dasar mikrotik, setingan mikrotik untuk game online dan browsing

Langkah selanjutnya klik IP > Identify > Isikan sesuai keinginan anda untuk memberikan identitas nama pada perangkat router mikrotik kita > kemudian klik OK


Kemudian klik > Interface


Penting : 
ether1 : adalah interface yang terhubung ke modem, ubah nama ether1 jadi ISP
ether2 : adalah interface yang menghubungkan router ke hub ataupun sering disebut jaringan lokal, jadi jika anda menggunakan lebih dari 1 client maka hubungkan ether2 ke hub kemudian dari hub baru hubungkan ke client, ganti nama ether2 menjadi LOKAL.

Setelah setingan dasar tadi telah selesai selanjutnya kita akan lanjut ke tahap menghubungkan router mikrotik kita ke jaringan internet, klik IP > Address > DHCP client > klik tanda + dan Apply, maka router akan mendapatkan IP dari modem.

Penggunaan mode DHCP untuk mempermudah kita mendapatkan IP otomatis dari modem jika kita tidak tahu IP publik dari ISP tempat kita berlangganan. Setelah ether1 (ISP) mendapatkan IP selanjutnya kita memberikan IP untuk jaringan lokal yaitu ether2 (lokal), klik IP > Address > klik + pada kolom address isikan IP sesuai keinginan anda disini saya contohkan pada ether2 saya berikan IP 192.168.0.1/24 lalu pada bagian interface pilih ether2 (lokal) klik apply lalu OK.


Langkah selanjutkan kita memberikan DNS server untuk router kita, pilih IP > DNS


Dibagian server isikan dengan 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 saya menggunakan DNS google pada contoh ini, jangan lupa untuk mencentang Allow remote request.

Langkah selanjutnya kita wajib membuat firewall agar akses internet router tidak terblok caranya klik IP > firewall > pilih tab NAT > klik tanda + pada bagian chain pilih srcnat lalu pada tab action pilih masquerade.

Untuk step terakhit kita harus menambahkan route agar router mikrotik bisa terhubung ke internet caranya klik IP > routes, dst.add biarkan saja tetap 0.0.0.0/24 kemudian pada kolom gateway isikan ether1 (ISP).

sekarang saatnya untuk melihat hasil dengan cara melakukan ping melalui terminal, klik new terminal kemudian ketikan : ping 8.8.8.8 atau ping google.com. Jika berhasil seperti gambar dibawah ini maka mikrotik anda sudah terhubung ke internet.


Selanjutnya anda bisa melanjutkan setting mikrotik sesuai kebutuhan seperti hotspot, ataupun setting mikrotik untuk keperluan warnet seperti memisahkan koneksi untuk game online, browsing, upload, dan download. Untuk settingan ini mungkin akan dilanjutkan pada artikel selanjutnya.